KISI KISI PTS
MAPEL IPA
KELAS 7
2018/2019
Indikator
|
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu komponen proses/ metode ilmiah
|
Peserta didik dapat menyebutkan bidang kajian dalam Ilmu Pengetahuan Alam
|
Peserta didik dapat menyebutkan objek yang dikaji dalam IPA
|
Berdasarkan kegiatan sehari-hari, Peserta didik dapat menyebutkan yang termasuk besaran
|
Disajikan tabel, pesert didik dapat menyebutkan pasangan yang benar antara besaran, satuan, dan alat ukur suatu besaran pokok
|
Disajikan beberapa peristiwa, peserta didik dapat menjelaskan pengertian satuan tidak baku.
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pasangan besaran dan satuan dalam SI
|
Peserta didik memahami pengertian besaran turunan
|
Disajikan tabel, pesert didik dapat menyebutkan pasangan yang benar antara besaran dan satuan suatu besaran turunan dalam SI
|
Peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat satuan yang baik
|
Disajikan contoh peristiwa, peserta didik dapat menyebutkan alat ukur yang tepat digunakan
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat membaca hasil pengukuran alat ukur besaran pokok (jangka sorong, stop watch, neraca)
|
Peserta didik dapat membuat konversi suatu satuan
|
Peserta didik dapat menghitung luas benda tidak beraturan
|
Peserta didik dapat menghitung laju pertumbuhan tanaman
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menghitung volume benda tidak beraturan
|
Menyebutkan macam-macam besaran pokok
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat membedakan benda hidup dan benda tak hidup.
|
Disajikan gambar/pernyataan, peserta didik mampu menyimpulkan ciri ciri makhluk hidup
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan pengertian dalam tata nama organisme
|
Peserta didik dapat menerapkan penulisan nama ilmiah suatu tumbuhan berdasarkan aturan Binomial nomenclatur
|
Peserta didik dapat menyebutkan urutan takson makhluk hidup
|
Disajikan data diagram dan bagan, peserta didik dapat menentukan kunci determinasi suatu makhluk hidup
|
Menyebutkan salah satu fungsi bagian optik dari mikroskop
|
Disajikan gambar, dapat mengurutkan cara menggunakan mikroskop dengan benar
|
Disajikan pernyataan, peserta didik memahami ciri ciri Kingdom Protista
|
Disajikan pernyataa, peserta didik dapat, menyebutkan kriteria klasifikasi hewan
|
Disajikan pernyataan, peserta didik memahami karakteristik Kongdom Jamur
|
Peserta didik, dapat membedakan kelompok tumbuhan gymnospermae dan angiosspermae
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan kelompok tumbuhan berpembuluh
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu membedakan ciri ciri daun tumbuhan dikotil dan monokotil
|
Disajikan gambar bagian tumbuhan (atau pernyataan) , peserta didik dapat membedakan ciri-ciri tumbuhan dikotil dan monokotil
|
Peserta didik dapt menyebutkan ciri ciri Angyospermae
|
Disajikan gambar hewan avertebrata, peserta didik dapat menyebutkan kelas hewan tersebut
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat membedakan jenis hewan avertebrata dan vertebrata
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri hewan mamalia
|
Peserta didik dapat membedakan kelompok hewan berdarah dingin dan berdarah panas
|
Peserta didik dapat melengkapi tabel besaran pokok dan satuannya dalam SI
|
Peserta didik dapat mengkonversi satuan besaran pokok dan turunan ke satuan yang lain
|
Berdasar gambar mikroskop, peserta didik dapat menentukan nama dan fungsi bagian yang diberi nomor
|
Peserta didik dapat menyebutkan ciri Gymnospermae
|
Menyebutkan kelas hewan vertebrata beserta contohnya
|