1. Jelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah
penyelidikan IPA
2.
Jelaskan manfaat / kegunaan
mempelajari IPA
3.
Sebutkan objek objek yang dipelajari dalam IPA
4.
Sebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
5. Konversikan satuan berikut
- 20 cm2 = …….. m2
- 0,5 gram/cm3 = ………Kg/m3
- 2,5 kg = ………… gram
6.
Sebutkan macam-macam
besaran pokok beserta satuannya.
7.
Sebutkan macam-macam
besaran turunan beserta satuannya
8.
Disajikan
tabel data pernyataan, Peserta Didik dapat melakukan pengamatan
terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup
9.
Jelaskan ciri-ciri makhluk hidup dengan lengkap
10. Jelaskan
perbedaan makhluk hidup berdasarkan ciri yang
dimilikinya.
11. Disajikan data pernyataan, Peserta Didik dapat
mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
12. Disajikan gambar benda dalam kehidupan sehari-hari
Peserta Didik dapat menggolongkan karakteristik materi
13. Tentukan / tuliskan lambang unsur berikutdengan benar
- aluminium
- timah
- belerang
- besi
- kalsium
14. Sebutkan bahan-bahan alam yang dapat
dijadikan sebagai Indikator alami asam basa
15. Gambarkan pemisahan campuran
secara filtrasi, jelaskan nama bagian hasil penyaringan.
16. Gambarkan metode metode pemisahan campuran dalam kehidupan
sehari-hari
17. Sebutkan sifat fisika zat dalam kehidupan sehari-hari
18. Jelaskan perubahan fisika dan perubahan
kimia dalam kehidupan sehari hari
19. Jelaskan berbagai jenis thermometer dan
fungsinya.
20.
21. Hitunglah
a.
500C
= ……0R = ……0F = …….K
b.
770F
= ……..0K = ……0R
22. Jelaskan sifat-sifat keunggulan dan kekurangan zat cair Alkohol dan air raksa sebagai pengisi termometer.
23. Sebut
dan jelaskan besaran yang mempengaruhi banyaknya kalor yang
diperlukan.
24. Untuk menaikkan suhu
0,5 kg air dari 200C menjadi 400C dibutuhkan kalor
….
(Diketahui kalor jenis
air 4200 J/kg0C)
25. Gambarkan aliran/perpindahan panas secara konveksi
dengan benar( pemanasan
air )



26. Sebut
dan jelaskan contoh peristiwa konduksi dalam kehidupan
sehari-hari
27. Kuningan panjang mula-mula 100 cm dengan koefisien
muai panjang 0,000019/0C dipanaskan dari suhu 100C sampai
1100C akan bertambah panjang sebesar ... cm.
28. Disajikan data tabel, siswa dapat menentukan urutan nilai
koefisien muai volume suatu zat
29. Sebutkan
jenis jenis energi dan contohnya
30. Sebuah sepeda yang massanya 40 kg bergerak
dengan mengeluarkan energi kinetik sebesar 720 Joule. Tentukan Kecepatan sepeda
tersebut
Sebuah
sepeda yang massanya 40 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Tentukan besar
energi kinetik sepeda tersebut!
Sebuah
benda bergerak dengan kecepatan 8 m/s hingga memiliki energi kinetik sebesar
128 joule. Tentukan besarnya massa benda tersebut!
31. Dimanakah
letak mitokondria pada makhluk hidup, gambarkan dengan jelas
32. Gambarlah sel tulis dan tunjukkan nama bagian bagiannya
33. Tulis
dan jelaskan reaksi peristiwa respirasi.
34. Jelaskan
perbedaan peristiwa katabolisme dan anabolisme pada transformasi energi.
35. Jelaskan
tentang uji sach fotosintesis, apa yang dilakukan dan
apa yang dihasilkan
36. Jelaskan sumber-sumber energi
37. Sebutkan
contoh perubahan-perubahan energi yang terjadi
di alam dan sekitar rumah.
38. Sebut
dan jelaskan pasangan penyakit, kekurangan zat tertentu dan solusi
makanan yang tepat.
39. Sebutkan zat yang diperlukan untuk proses fotosintesis yang
dilakukan oleh tumbuhan hijau.
40. Sebutkan ciri tumbuhan dikotil
41. Perhaatikan gambar berikut
Jika panjang balok 10 cm, lebar 7,5 cm dan
tingginya 2 cm maka volume balok tersebut adalah…… m3
42. Air
yang sedang dipanaskan diukur suhunya dengan termometer Celcius didapatkan
angka 600C maka jika diukur dengan sebuah termometer sembarang yang
mempunyai titik tetap bawah 00 dan titik tetap atas 1200 akan
didapatkan angka …..
43. Perhatikan grafik pemanasan 1 kg es berikut ini!

Jika kalor jenis es
2.100 J/kg°C, kalor lebur es 336.000 J/kg dan kalor jenis air adalah 4.200
J/kg°C, maka kalor yang dibutuhkan dalam proses dari P-Q-R adalah....
44. Berkaitan dengan panas seringkali kita
melihat perilaku anjing yang menjulurkan lidahnya, apakah tujuannya
45. Jelaskan upaya-upaya apa yang dapat dilakukan agar masyarakat
Indonesia mengurangi ketergantungan pada beras sebagai sumber bahan makanan
pokoknya.