Objek IPA dan
Pengamatannya
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan hasil
pengamatan.
|
1
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menentukan beberapa
besaran dari pengamatan gambar
|
2
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menentukan pasangan
besaran, satuan dan alat ukurnya dengan benar
|
3,
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan
gambar pengukuran suatu besaran pokok, siswa dapat menentukan
hasil pengukuran dengan benar.
|
4, 5
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan data percobaan, siswa
dapat menentukan laju pertumbuhan tanaman
|
6
|
Pilihan Ganda
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup
|
Siswa dapat
mengelompokkan aktivitas makhlik
hidup berdasar ciri yang dimiliki
|
7
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan beberapa gambar, siswa
dapat mengelompokkan tumbuhan berdasar ciri yang dimiliki
|
8
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menentukan kunci
determinasi hewan tertentu dengan benar
|
9
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan data, siswa dapat
menentukan kelompok makhluk hidup dan ciri -cirinya yang benar
|
10
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan data ciri-ciri hewan,
siswa dapat menentukkan hewan sesuai ciri-ciri dengan benar
|
11
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menentukan urutan
langkah penggunaan mikroskop
|
12
|
Pilihan Ganda
|
Klasifikasi Materi dan
Perubahannya
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat
menentukan sifat wujud zat
|
13
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan pernyataan, siswa
dapat menentukan sifat-sifat senyawa
|
14
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat
menentukan cara pemisahan campuran pada campuran tertentu.
|
15,16
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menentukan warna
indikator asam basa
|
17
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat
menjelaskan perubahan fisika dan kimia
|
18, 19
|
Pilihan Ganda
|
Suhu dan Perubahannya
|
Siswa dapat
menyebutkan jenis
termometer.
|
20
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan pernyataan, siswa
dapat menentukkan pernyataan yang menunjukkan kelebihan raksa
|
21
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat
melakukan konversi skala termometer
|
22
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan
peristiwa pemuaian.
|
23
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan sebuah peristiwa, siswa
dapat menjelaskan
berdasarkan prinsip pemuaian.
|
24, 26
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat
menentukan panjang suatu benda setelah memuai jika diketahui besaran-besaran
lainnya.
|
25
|
Pilihan Ganda
|
Kalor dan Perubahannya
|
Siswa dapat menjelaskan konsep
kalor dengan benar
|
27
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan pernyataan, siswa
dapat menentukan pernyataan yang
mempengaruhi banyaknya jumlah kalor yang diterima/dilepas duatu zat
|
28
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat
menghitung besarnya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda.
|
29
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan tentang perpindahan kalor tertentu.
|
30,31, 32
|
Pilihan Ganda
|
Energi dalam Sistem
Kehidupan
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan energi potensial yang dimiliki oleh suatu benda
|
33, 34
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan gambar sebuah
percobaan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
|
35
|
Pilihan Ganda
|
Disajikan data, siswa dapat
membedakan sumber energi terbarukan dan tak terbarukan.
|
36
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat menjelaskan proses
metabolisme
|
37
|
Pilihan Ganda
|
Siswa dapat
menjelaskan proses
fotosintesis dan respirasi dengan benar
|
38, 39, 40
|
Pilihan Ganda
|
Objek IPA dan
Pengamatannya
|
Siswa dapat mengkonversi
besaran-besaran dalam pengukuran dengan benar
|
1
|
Uraian
|
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
Siswa dapat menentukan perbedaan
tumbuhan dikotil dan monokotil
|
2
|
Uraian
|
Klasifikasi Materi dan
Perubahannya
|
Siswa dapat menjelaskan cara
pemisahan campuran dengan benar
|
3
|
Uraian
|
Kalor dan perubahannya
|
Disajikan gambar perubahan kalor.Siswa
dapat menghitung besarnya kalor dengan benar
|
4
|
Uraian
|
Energi dalam Sistem Kehidupan
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
zat makanan dan menyebutkan makanan yang mengandung zat tersebut
|
5
|
Uraian
|